Ruwet?

Lady, here is my story ....

Beberapa tahun lalu, saat usia saya baru memasuki angka dua puluh lima, saya menikahi seorang janda berparas sangat elok, dan janda ini memiliki seorang anak perempuan yang tak kalah elok dari ibunya.

Ternyata, ayah saya yang sudah lama menduda jatuh cinta padanya. Dan singkat cerita, mereka pun menikah.

Kejadian ini tentu saja menjadikan kedudukan ayah berubah menjadi menantu saya. Kejadian yang baru saya sadari di belakang hari sungguh-sungguh telah mengubah seluruh tatanan hirarhi dalam kehidupan keluarga kami. Karena menjadi istri ayah, contohnya, anak tiri saya praktis juga menjadi ibu tiri saya.

Kendati setiap kali memikirkan hubungan kekerabatan ini kepala saya terus-menerus menjadi pening, tetapi ada juga yang membuat hati saya terhibur. Sebab saya baru saja menjadi ayah dari seorang bayi laki-laki yang lucu. Bayi yang kemudian, tentu saja, menjadi saudara tiri ayah. Jadi, meskipun masih bayi, dia adalah paman saya. 

Sebagai paman saya, bayi ini juga merupakan saudara tiri dari anak perempuan istri saya, yang dalam konteks ini merupakan ibu tiri saya tadi.

Beberapa waktu kemudian, istri ayah pun melahirkan seorang anak perempuan yang sangat lucu. Sebuah kelahiran yang membuat situasi semangkin bertambah ruwet.

Bayi perempuan tersebut sebetulnya adalah cucu tiri saya, karena dia adalah anak dari anak tiri saya, tapi sekaligus juga merupakan saudara tiri saya, sebab ia adalah anak dari ayah saya.

Sementara itu istri saya - yakni ibu dari ibu tiri saya itu - terlihat begitu bahagia menjadi mbakyu ipar dari adik tiri saya, yang tentu saja, dianggapnya sebagai cucu itu. Lalu, bukankah ini sama artinya dengan meski dia adalah istri saya, tetapi dia juga adalah nenek tiri saya?

Jika istri saya adalah nenek saya, maka sudah tentu saya adalah cucunya. Dan setiap kali memikirkan hal ini kepala saya betul-betul menjadi bertambah pusing!

Diam-diam saya melihat diri sendiri sebagai kasus teramat aneh yang mungkin pernah terjadi. Coba saja pikir, sebagai suami nenek saya, bukankah saya juga sebetulnya adalah kakek bagi diri saya sendiri?

Now, Lady. At this very stage, what do you think?


[Bandung, Akhir Maret 2010 - Feeling Naughty] 

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Sebagian komen atas tulisan ini juga dapat dilihat di bawah note saya di facebook dengan judul yang sama.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Berikut adalah salinan komentar tentang cerita ini:
    You, Deddy Said, Fitrah Ibrahim, Deddy Milano and 2 others like this.

    Tatiek Anggarayani
    Lho opo maneh iki.....? ... mbulet yo ....
    February 21 at 8:52pm
    Syamsul Maruf
    Wah bener2 ruwet bang .. aku mikirinnya aja langsung pusing nih!
    February 21 at 8:55pm
    Nazwa Zhafira Zarine Jhavatha
    Tuh lah bg, dari situ kan keliatan, kalau janda itu jadi rebutan, hihihihii....
    February 21 at 8:58pm
    Abang Nonki
    Hehehehehe ..... asli mbulet! Belum dipikir lagi bahwa anak laki-laki saya yang menjadi paman saya itu sebetunya adalah cucu ayah saya! Lha?
    February 21 at 9:05pm
    Abang Nonki
    @Bude, jan mbulet tenan! Aku dewe melu pening kok ....
    @Bang Syamsul, kalo mau diurut-urut lagi, wah! Lebih ruwet pokoknya. Hahahaha ....
    @mbak Sophie; soal jamu dan duren di mana-mana gitu deh. Jadi inceran. Hehehehe ....
    February 21 at 9:11pm
    Agus Suhairy
    Ini sih bukan pening lagi pala awak mikirkannya, rasa udah tebelahpun pala nih Ruwet tetap ruwet saja..jadi yang paling siip kali, saya ga usah pening2 mikirin siapa dan jadi apa pula status saya sekarang...iya tak??...ach laju sajalah!!
    February 21 at 9:16pm via Facebook Mobile.
    Syamsul Maruf
    Bang, di close aja bang. Soalnya mumpung belum sampe ke cerita cicit. Bang mohon di close aja, lieuuurrrrr ...
    February 21 at 9:19pm

    BalasHapus
  3. Abang Nonki
    Hahaha ... bang Syamsul jangan buru-buru mikirin cicit dulu! Coba kita bergeser sedikit saja ke bagaimana silang-susun hirarhi para keponakan si ayah terhadap bayi perempuannya dan sepupu-sepupu saya terhadap bayi laki-laki saya? Nha?
    February 21 at 9:30pm
    Abang Nonki
    Bang Agus, betul yang sip memang laju saja. Tapi tetap saja 1 gerbong keluarga di belakang kita semuanya pening! Hahaha ....
    February 21 at 9:38pm
    Syamsul Maruf
    Ampuuuun bang, tobat!
    February 21 at 9:40pm
    Hariswan Indra
    Kalau di telusur berdasarkan 'riwayat memang silsilah keluarga menjadi ruwet awut2an gak karuan..dan kalok semua anggota keluarga hebat ini gak cepat2 di 'ruwat bisa2 jadi tambah gawat dan supaya pening kepala pembacanya gak kumat, sebaiknya cepat2 deh minggat cari selamat! cemana pulak mau kubilang lagi hah? Benar2 cialat kualat buanget keluarga ini bah! hehehe..
    February 21 at 9:41pm via Facebook Mobile.
    Abang Nonki
    Hahahaha ..... jangan pada nyerah dulu dunk!
    February 21 at 9:45pm
    Agus Suhairy
    He..he..Tau ga ini smua cuman gara2 Bapak tuanya yang jontik kali.. Begitu dikawininnya anak tiri teman kita tuh..langsung pening kali kepala kita smua dibuatnya skarang, Bah!!
    February 21 at 9:52pm via Facebook Mobile
    Syamsul Maruf
    Bang coba ussul aja sama pa gobind punjabi supaya dibuat sinetron bang ...... mudah2an sutradaranya ga masuk rumah sakit
    February 21 at 9:55pm
    Abang Nonki
    Bang Syamsul, kalo jadi sinetron, kayanya baru episode 1 saja semua penonton dari Sabang sampe Marauke ikut pening! Hahaha ......
    February 21 at 10:01pm

    BalasHapus
  4. Imelda A. Puspita
    Malam bang Nonki.. Aku curious lihat judulunya..tapi aku ga mau komen soal tulisannya Bang.. ruwet.. tapi aku bisa ketawa ga berhenti lihat komen abang- abang dan mbak di atas.. lucu banget.... pada pusing tapi tetap komen .. :D
    February 21 at 10:11pm
    Abang Nonki
    Malem juga bu guru. Terima kasih untuk komen-tidak-komen nya ya? Terutama untuk ikut gak brenti ketawa denganku. Memang ruwet betul urusan ini kok! Qeqeqeqeqeq .......
    February 21 at 10:24pm
    Hariswan Indra
    ‎@AS...Bukan si ayahnya yg jontik tapi si anak juga buta, bukannya besukaan sama anak perawan..eeh ini malah nyokapnya yang di embat kayak BK ama bu IG aja..coba kalo si anak tak salah pilih mungkin kasusnya gak jadi ruwet gini dan kepala awak tak jadi pening..
    Tapi, kalau pilihan normal, bermoral itu pulak yang di piih, mana pulak mungkin kita semua pada ngumpul ikut nimbrung di sini bukan?
    So, carry on man. Lanjutkan. Tariiiik truusss!
    February 21 at 10:37pm via Facebook Mobile
    Handrawan Nadesul
    Saya kira bukan status hirarki dalam hubungan keluarga benar yang perlu dipikirkan, melainkan bagaimana laju menjalaninya saja. Manusia punya cerita. Tak perlu dipusingkan benar yang awut-awutan itu, saya kira. Kesungguhan melakoninya, dan bahagia yang terpetik itulah yang perlu terus dikejar....
    February 22 at 3:40am
    Saut Poltak Tambunan
    Orang batak bilang, kusutnya akar padi, menyuburkan. Tapi bukan yang mumet begini.
    February 22 at 9:48am
    Bahar Azwar
    Salah, salah sekali. Kenapa Mas ini tidak menikahi anak janda itu saja sementara berikan janda yang tak kalah eloknya menikah dengan bapak. Tapi kalau sudah begini jalani saja ala kadarnya.
    February 22 at 10:13am
    Indrajaya Asril
    Terus, anak masing2 gimana? boleh kawin tak ke masing2?
    February 22 at 10:25am

    BalasHapus
  5. Hariswan Indra
    ‎Dokter@Bahar, itupun sdh saya sampaikan! Mengapa tdk menikahi sang anak yg perawan, tapi malah memilih ibunya?
    Masalahnya sekarang adalah bahwa syari'at agama melarang seorang anak menikahi bekas istri ayahnya!
    Nah loe....
    Masalahnya bukan hanya sekedar ruwet dari sisi silsilah, tapi juga ruwet dalam menentukan pembagian waris, tidak elok dari segi moral ethic, tidak pantas dari segi adat kebiasaan dan tidak dibenarkan dari segi agama (?). Tapi karena sudah kadung ruwet begini...., ya...teruskan sajalah... Namanya juga topik..iya khan? hehehe....
    February 22 at 10:56am
    Bahar Azwar
    Tul Mas! Dan azabNya sangat pedih
    February 22 at 11:41am
    Cakmoki Wong Ndeso
    betul kata Pak Haris, ngitung faro'idh-nya jadi ruwet, yg setengah jadi seperdelapan, yang seperempat jadi setengah.
    Tambah lucu kalo panggil-panggilan, yang satu manggil Mas, disahuti, inggih Bu... hahaha. Tapi, nggliyeng saya jadi sembuh setelah membaca semuanya.
    February 22 at 12:14pm
    Agung Suhanadi
    Wah pasti ayahnya nikah siri....
    soalnya menurut Surah Anisa' ayat 23; nikah pada anak menantunya cucu tiri), nggak boleh tuh. Jadi, pasti KUA tidak akan menikahkannya.....
    February 22 at 1:55pm
    Hayati Rashid Hayati
    Hiduplah pada kadar yang mudah dan jangan mencari apa yang susah. Sesungguhnya qada dan qadar boleh di alih dengan doa tapi takdir adalah kuasa Allah.
    February 22 at 6:42pm
    Abang Nonki
    ‎@Pak Hans, sesungguhnya cerita itu lebih menyerupai sketsa daripada riel. Tapi bukan tidak mungkin dapat terjadi juga di dalam kehidupan nyata kita, apalagi di jaman seperti sekarang ini bukan? Saya sungguh berharap hal itu tidak pernah terjadi pada siapapun. Hehehe ..... terima kasih sudah meluangkan waktu ikut urun rembuk bersama kita di sini. Senang rasanya.
    @Bang SPT, dalam adat batak, tarombo merupakan media krusial yang menentukan kedudukan seseorang terhadap yang lainnya di dalam hirarhi keluarga (marga) bukan? Jadi, kalaulah memang ini terjadi, betul kata abang; mumet kita dibikinnya! Hehehe ....
    @Dr. Bahar, nampaknya memang tak ada pilihan lain kecuali dijalani saja ya? Hehehe ......
    @Indra, ruwet Ndra! Ruwet ....
    @bang HI, sudah menjawab sendiri nampaknya. Hehehe ...
    @Cak dokter, qeqeqeqeqeqeq ....... kuacouw kita!
    @mas Agung, dari perspektif itu, ceritanya memang jadi lain. tapi jaman sekarang ini, di kota besar pula, hukum mana yang "tahan banting" dan kebal plesetan? hehehe .....
    @Makcik Hayati, saya bersetuju. Terima kasih telah melapangkan waktu ikut bersembang ...
    Salam takzim untuk semua.
    February 22 at 10:29pm

    BalasHapus
  6. Amethia Irawati
    Hahahaha...ruwet bin ribet, Bang...
    February 23 at 6:15am.
    Abang Nonki
    Lha? Baru mikirnya aja ude kagak sanggup Meth. Apalagi kalo ngalami ndiri, coba? Hahahaha ....
    February 23 at 6:42am
    Amethia Irawati
    Ntu die.... kalo bikin family tree kumaha bijimane ye, Bang ?
    February 23 at 6:47am
    Abang Nonki
    Kalo dibuatin family tree, jadinya kaya bonzai pu'un jengkol kale yaq? Hehehehe .....
    February 23 at 12:05pm
    Syamsul Maarif
    Hehehe .... bukan main!
    February 23 at 9:48pm
    Agung Suhanadi
    Wah! Kalau gitu ruwet jadinya...hehehehe
    February 23 at 10:01pm
    Hariswan Indra
    Untunglah episode ini cuman berupa sketsa masyarakat yang mungkin terjadi pada zaman batu ketika manusia masih bisa dihitung jari atau di zaman jahiliyyah sebelum kedatangan cahaya dari utusan pemilik alam semesta.., sebab andaikata sitkom 'ruwet' ini menimpa setiap keluarga..opo dadine rek...??! hehehe ...
    February 23 at 11:04pm via Facebook Mobile
    Krisnawaty Bantas
    dik Nongki, siapa sih yang ngarang tulisan tsb..hmm kalo dibuat soal ujian bagus juga tuh..hampir 10 menit saya membacanya, tapi kok belum mudeng..makin dibaca makin 'pening' awak..hehe
    February 24 at 12:50am
    Bahar Azwar
    Wah, kalau rumah mereka terbakar dan sang bapak yang diluar hanya bisa menyelamatkan satu orang, siapakah yang akan beruntung itu?. Istri, anak atau mertua perempuannya?
    February 24 at 4:27am
    Abang Nonki
    ‎@bang Syamsul; memang bukan main kali pun! :)
    @mas Agung; Makin dipikir kok makin ruwet ya? Hehehe ...
    @bang HI; kita lihat dari perspektif yang universal sajalah. Sketsanya sendiri saja sudah cukup ruwet kok :)
    @mbak Kris; setuju. Memang bagus kalo dijadiin salahsatu soalan ujian genealogy. Sepintas nampaknya sederhana. Padahal muatan cerita ini sangat multi-dimensi. Batasnya hanya ada dalam imajinasi. Bisa selesai sampai di situ saja atau bisa panjang gak karuan. Siapa yang ngarang?
    Hehehe ... pokok'e dudu aku mbak!
    @Dr. Bahar, ampiyun dok! Yang segini aja sudah ruwet betul mikirnya, apalagi ditambah dengan pertanyaan berbasis relatifitas pula? Hahahaha ......
    February 25 at 9:39am.

    BalasHapus
  7. Dwifan Ardiansyah
    Ha.ha.. kalau inikan dari pihak laki laki coba lihat dari sisi pihak perempuan, sepertinya lebih heboh lagi..!! ha..ha..ha....
    February 28 at 12:49am
    Sapta Chahyadi
    Berarti anak si Janda jadi mertuanya sendiri dunk..
    Trus, cucu si janda itu ternyata adalah adik iparnya sendiri karena merupakan adik dari si suaminya...
    (Ntu baru dari sisi si jandanya)Trus, selebihnya gimana neehh....?????? Ampun dechh......
    February 28 at 1:07am
    Abang Nonki
    Hehehehe ..... betul, bayi perempuan yang dianggap cucu oleh si nenek sebetulnya adalah adik iparnya, atau dengan kata lain tante bagi ibu si bayi sendiri. Lalu, bayi laki-kali yang menjadi paman bagi abang si bayi perempuan harus memanggil apa dunk pada bayi permpuan itu? Coba?
    Hahahaha .......
    February 28 at 1:42pm
    Deddy Said
    @Abang Nonki: Kisah yang amat Complicated ya..tapi bersentuhan dgn nurani dan logika..mestinya jangan sampai terjadi, tapi klo ada fakta realnya, saya hanya bisa berucap .. Naudzubillah! tapi ini satu lingkaran kisah yg sangat menarik sebetunya..he.he..Wassalam Abang.
    February 28 at 3:38pm
    Abang Nonki
    Mas Deddy, betul, cerita yang sangat complicated sekaligus menarik untuk dicermati. Dalam skala 1 sampai 10, saya pikir kemungkinan terjadinya ada di antara 4 s/d 5 neh. Trimakasi sudah ikut menyimak ya? Salam.
    March 1 at 1:02pm
    Deddy Said:
    Sama2 Abang...Wassalam.
    March 10 at 10:35pm

    BalasHapus