Belajar Dari Kesalahan

Bila anda membuat sesuatu, ada kemungkinan anda melakukan kesalahan. Bila anda membuat kesalahan, itu adalah hal yang hebat. Sebab anda mendapat kesempatan untuk belajar sesuatu.
Akui kesalahan anda, teliti, dan pelajari secara mendalam. Jawablah kesalahan anda tersebut. Kesalahan adalah guru yang paling luar biasa. Dengan mengenal apa yang salah, anda akan terbantu untuk menemukan apa yang benar.

Tom Watson, pendiri IBM, tahu persis nilai sebuah kesalahan. Suatu saat, seorang pegawai membuat kesalahan besar yang merugikan IBM senilai jutaan dollar. Sang pegawai yang dipanggil ke kantor Watson, berkata “Anda pasti menghendaki saya mengundurkan diri.” Jawab Watson, “Anda pasti bercanda! Saya baru saja menghabiskan 10 juta dollar untuk mendidik anda.”

Orang yang berbakat sukses, akan belajar dari apa pun yang terjadi, termasuk kesalahan. Bila anda membuat sebuah kesalahan, hal yang terbaik adalah megumpulkan kembali keping-keping kesalahan yang terserak itu, lalu perhatikanlah bagaimana hal itu sampai terjadi.

Jangan menangisi kesalahan. Periksa dan pelajarilah kesalahan tersebut. Selanjutnya, manfaatkan pengetahuan baru anda itu.


Posting Komentar

0 Komentar